Posisisi Drumset Yang Benar

Posted: 6 Mei 2010 in Musik, Tips & Trik
Tag:, , ,

Menurut pengamatan pribadi, setiap drummer pemula yang baru mempunyai drum atau bahkan yang sudah lama. Mempunyai “kesalahan” dalam mengesetnya. Masalah me-ngeset drum sebenarnya cukup vital, jika anda mengesetnya dengan cara dan bentuk yang salah dampaknya akan berpengaruh pada permainan dan tubuh anda sendiri. Set drum yang tidak nyaman akan menyakiti tubuh seperti bagian punggung yang menjadi bungkuk dan tangan yang menjadi cepat pegal karena semuanya berjauhan. Dan karena anda tidak merasa nyaman saat memainkan drum, secara otomatis permainan anda akan sulit untuk berkembang. Selain itu, jika drum di-set secara benar… drum itu sendiri akan terlihat lebih bagus (good looking). Gambar A1 adalah posisi yang benar sedangkan gambar A2 adalah yang salah. Terlihat bedanya bukan?

Pada gambar A1 tom-tom saling berdekatan. Snare drum agak tinggi sehingga mudah untuk menggunakan tekhnik rimshot. Floor tom-tom dekat dengan tom 13″. Hihat sedikit rendah sehingga ‘playing area’ lebih luas, anda bisa memainkan bagian atas hihat juga bukan hanya pada pinggirnya saja.

Pada gambar A2 tom-tom berjauhan sehingga susah untuk memainkan roll yang cepat. Snare drum terlalu rendah dan miring sehingga hampir tidak mungkin memainkan rimshot. Floor tom-tom terlalu miring dan rendah sehingga sulit untuk di akses. Dan cymbal hihat terlalu tinggi sehingga ‘playing area’ sangatlah terbatas, hanya pinggirnya saja yang mudah diakses.

Untuk memasang agar tom-tom menjadi lebih rapat, anda perlu memasang tom-tom lebih tinggi lagi. Dan untuk mudah meraih tom-tom yang tinggi, tinggal naikan saja posisi kursi drum anda. Bermain drum dengan posisi yang agak tinggi sedikit akan membuat tubuh lebih rileks. Lihat posisi tom holder, B1 yang benar dan B2 yang salah. Jika tom-tom saling berdekatan, anda akan dapat memainkan roll dengan mudah dan akan terasa lebih nyaman dan mudah untuk memainkannya.

Lihatlah perbedaannya pada gambar C1 dan C2.

Pada ilustrasi dibawah ini terlihat sekali perbedaannya. Yang benar, drumnya saling berdekatan dan posisi agak tinggi sehingga lebih enak dilihat dan yang salah, semua posisi drum berjauhan dan rendah sehingga drum terlihat jelek. Catatan: Selalu tinggikan posisi kursi anda untuk dapat memainkan set yang ‘benar’ secara nyaman.

Sumber: www.klinikdrum.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s