Go Green: Hadiah Termahal Untuk Anak Cucu Anda

Posted: 26 Maret 2011 in Inspirasi
Tag:, , ,

Mangunweni Go Green

Tanggul Tembelang-Kemusuk

Tulisan ini saya kutip dari seorang komentator hebat di blog ini beberapa waktu yang lalu, beliau adalah Sdr. Setyo Aji AM. Beliau menulis sesuatu tentang bagaimana kita harus menyikapi lingkungan kita dan saya pikir itu sangat bagus, jadi saya berfikiran untuk memuat ulang tulisan tersebut pada blog ini, mudah – mudahan tulisan tersebut bisa menjadi inspirasi hidup kita bersama. Berikut ini adalah pesan beliau yang diberi judul “Go Green: Hadiah Termahal Untuk Anak Cucu Anda”

Berikanlah hadiah yang termahal untuk anak cucu anda, Dunia Bebas Polusi. Hadiah ini bisa anda berikan tanpa harus keluar uang sepeser pun. Hanya dari diri anda sendiri untuk kebahagiaan dan kesehatan keturunan andaApa itu? Mudah, cukup terapkan prinsip 4 R berikut dalam keseharian anda. Go Green!

* Reduce (Mengurangi); sebisa mungkin lakukan minimalisasi barang atau material yang kita pergunakan. Semakin banyak kita menggunakan material, semakin banyak sampah yang dihasilkan.

* Reuse (Memakai kembali); sebisa mungkin pilihlah barang-barang yang bisa dipakai kembali. Hindari pemakaian barang-barang yang disposable (sekali pakai, buang). Hal ini dapat memperpanjang waktu pemakaian barang sebelum ia menjadi sampah.

* Recycle (Mendaur ulang); sebisa mungkin, barang-barang yg sudah tidak berguna lagi, bisa didaur ulang. Tidak semua barang bisa didaur ulang, namun saat ini sudah banyak industri non-formal dan industri rumah tangga yang memanfaatkan sampah menjadi barang lain.

* Replace ( Mengganti); teliti barang yang kita pakai sehari-hari. Gantilah barang barang yang hanya bisa dipakai sekali dengan barang yang lebih tahan lama. Juga telitilah agar kita hanya memakai barang-barang yang lebih ramah lingkungan, Misalnya, ganti kantong keresek kita dnegan keranjang bila berbelanja, dan jangan pergunakan styrofoam karena kedua bahan ini tindakan bisa didegradasi secara alami. Mudah dan Murah kan? GO GREEN!

Saya ucapkan terimakasih sebesar – besarnya kepada mas Aji dan secara tidak langsung saya minta izin untuk memuat tulisan mas Aji di blog ini, semoga kedepan blog ini bisa didukung oleh penulis – penulis hebat yang mampu memberikan inspirasi bagi kita semua.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s